Breaking News

MACAM MACAM POMPA DAN FUNGSINYA DI PABRIK INDUSTRI


Macam - macam Pompa di pabrik Industri bisa di katakan mempunyai banyak model dan bentuk tergantung kegunaan dan kebutuhan di mesin produksi.

Pengertian dari Pompa itu sendiri adalah Part mesin atau benda kerja yang mempunyai fungsi untuk menarik atau menyedot zat cair untuk di teruskan atau di distribusikan ke tempat tertentu.

Kenapa harus memakai Pompa...?
Karena di dalam proses produksi, ada beberapa part mesin yang harus memerlukan gerakan seperti buka tutup, gerakan naik turun, gerakan kanan kiri ataupun gerakan lainnya.

Selain pergerakan part, ada part mesin juga yang membutuhkan supply zat tertentu seperti air, steam, angin dan oli sebagai media pokok di dalam proses produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Sedangkan di dalam pergerakan part - part mesin produksi tersebut serta kebutuhan supply media  juga membutuhkan power atau supplyer yaitu pompa.

Adapun Fungsi Pompa di Pabrik Industri Secara umum adalah sebagai berikut :
  • Sebagai pendistribusi air, steam, angin dan oli ke sistem proses produksi.
  • Sebagai penSupply air, steam, angin dan oli untuk menggerakkan part - part mesin produksi.
  • Untuk menguras air dan oli bocoran dari pit tank tampungan ke tempat pembuangan.
Sedangkan bagian - bagian part dari Pompa adalah sebagai berikut :
  • Casing Pompa, yang berfungsi sebagai Rumah Impeller Unit Pompa sekaligus sebagai ruangan media zat cair yang akan di Pompakan.
  • Impeller yang berfungsi sebagai Baling - Baling yang menghisap dan mendorong tekanan media zat cair yang akan di distribusikan ke area sesuai kebutuhan pabrik industri.
  • Shaft Drive yang berfungsi untuk memutar Impeller atau baling - baling. Sedangkan Shaft drive di gerakkan oleh perputaran motor drive.
  • Flange In yang berfungsi sebagai pintu masuk media zat cair dari tanki penampungan media yang akan di distribusikan ke area kebutuhan.
  • Flange Out yang berfungsi sebagai pintu keluar media zat cair yang akan di teruskan ke area sesuai kebutuhan.
  • Bracket dudukan Pompa yang berfungsi sebagai alas Pompa untuk tumpuan beban pompa.
  • Motor Drive Pompa yang berfungsi sebagai Penggerak utama Pompa.
Adapun bentuk macam - macam Pompa adalah sebagai berikut :

1) Pompa Air.

Pompa air adalah sejenis Pompa yang mempunyai fungsi khusus untuk memompa air dari tanki  penampungan air menuju benda kerja atau part mesin sesuai kebutuhan di pabrik industri.

Contoh Penggunaan aplikasi Pompa Air yang di gunakan di pabrik Industri adalah sebagai berikut :
  • Pompa Air untuk memompa sirkulasi air dari tanki air untuk proses pendinginan hasil produk supaya terjaga kualitas produknya.
  • Pompa Air untuk memompa sirkulasi air dari tanki air untuk di supply ke sistem TCU Temperatur Control Unit.
  • Pompa Air untuk memompa sirkulasi air dari tanki air ke part mesin sebagai pendingin sistem kerja part mesin tersebut agar temperaturnya terjaga stabil.
Cara kerja Pompa Air adalah  Setelah Motor Drive mendapatkan supply power electrik dari program maka motor drive tersebut meneruskan putarannya ke Shaft Impeller, kemudian effec dari putaran Impeller yang dengan speed tertentu maka Air yang berada di penampungan akan terhisap oleh Impeller melalui Flange IN pompa kemudian hisapan air tersebut di teruskan ke area yang di butuhkan melewati Flange Out Pompa. Sirkulasi air tersebut terus menerus bersiklus sesuai kebutuhan atau program dari proses produksi.

2) Pompa Celup.

Pompa Celup adalah Sejenis Pompa yang Unit Pompanya di celup di dalam media zat cair yang akan di sirkulasikan ke area sesuai kebutuhan.

Pompa Celup Ini biasanya di gunakan untuk mensirkulasikan zat cair berupa air atau zat cair yang mempunyai sifat keencerannya seperti air. Pompa celup tahan terhadap air panas dan air dingin.

Pompa Celup merupakan unit integral antara motor drive dan pompa menjadi satu kesatuan..

Adapun Contoh penggunaan Pompa Celup adalah sebagai berikut :
  • Untuk Memompa Air dari bak penampungan untuk di distribusikan ke mesin produksi.
  • Untuk memompa atau menguras genangan air bocoran dari pit.
  • Untuk menstransfer supply air dari tempat satu ke tempat yang lainnya.
Cara kerja Pompa Celup adalah Motor drive setelah mendapatkan supply power electrik dari program maka motor drive tersebut meneruskan putarannya ke Shaft Impeller, kemudian effec dari putaran Impeller yang dengan speed tertentu maka Air yang berada di penampungan akan terhisap oleh Impeller melalui Flange IN pompa kemudian hisapan air tersebut di teruskan ke area yang di butuhkan melewati Flange Out Pompa. Sirkulasi air terus menerus bersiklus sesuai kebutuhan atau program dari proses produksi.

3) Pompa Oli.

Pompa Oli adalah sejenis pompa yang mempunyai fungsi untuk memompa oli untuk di distribusikan dari tanki oli menuju benda kerja atau part mesin.

Pompa oli di design sebagai salah satu part didalam instalasi Hydrolik Unit yang di gunakan untuk mensupply oli dengan pressure atau tekanan yang tinggi sesuai kebutuhan di mesin produksi.

Baca Selengkapnya di Bagian dan Fungsi Hydrolik Unit Sistem.

Contoh Penggunaan Pompa Oli yang di gunakan di pabrik Industri adalah sebagai berikut ;
  • Untuk menggerakkan part - part mesin Hydrolik Unit dengan media oli hydrolik.
  • Untuk mensupply pengisian oli ke dalam gear box mesin produksi.
  • Untuk mendistribusikan oli sebagai bahan material untuk proses produksi.

4) Pompa TCU.

Pompa TCU adalah sejenis Pompa yang di  instalasi pada sistem  Temperatur Control Unit atau TCU.

Sedangkan yang di maksud dengan TCU atau Temperatur Control Unit itu adalah sebuah part mesin produksi yang merupakan serangkaian dari beberapa part menjadi unit instalasi pipping yang mempunyai fungsi sebagai pengontrol temperatur pada benda kerja mesin dengan menggunakan media sirkulasi air dan steam.

Baca selengkapnya di Apakah Itu TCU dan Fungsi Bagian - Bagiannya

Contoh Penggunaan Pompa TCU yang di aplikasikan di pabrik industri adalah sebagai berikut :

  • Pompa TCU untuk benda kerja Extruding atau screw.
  • Pompa TCU untuk Benda kerja Calendering atau Roll Calender.
  • Pompa TCU untuk benda kerja - benda kerja yang mempunyai settingan temperatur khusus seperti Heater, dan lain - lainnya.

5) Pompa Compressor.

Pompa jenis Compressor adalah sejenis pompa yang mempunyai fungsi untuk memompa angin yang akan di distribusikan ke area mesin sesuai kebutuhan.

Di dunia pabrik industri juga membutuhkan angin bertekanan yang di gunakan untuk menggerakkan part - part mesin produksi atau benda kerja pada sistem Pneumatik Unit.

Adapun contoh penggunaan angin di pabrik industri adalah sebagai berikut :

  • Untuk menggerakkan fungsi Cylinder Angin melalui solenoid valve.
  • Untuk menggerakkan fungsi Rotary Valve.
  • Untuk menggerakkan fungsi Piston valve.
  • Dan Lain - lainnya.
Demuikian Sedikit Ulasan tentang Macam - Macam Pompa dan Fungsinya di Pabrik Industri.


3 comments: